Selasa, 09 Maret 2010

RANGKAIAN PENDETEKSI PENGISIAN TEGANGAN

RANGKAIAN PENDETEKSI PENGISIAN TEGANGAN
Pada Pesawat Rontgen Frekuensi Tinggi
 







FUNGSI RANGKAIAN
Fungsi dan rangkaian pendeteksi tegangan adalah untuk mendeteksi pengisian capasitor tegangan tinggi, dimana cara kerja dan rangkaian mi memanfaatkan komparator sebagai pembanding kV yang diset pada control konsul dengan kV terisi pada kapasitor tegangan tinggi.

CARA KERJA RANGKAIAN
Pada titik poin CKV+ / CP32 adalah titik tempat pengesetan kV dengan perbandingan 1/20.000 Volt, dimana perbandingan tersebut diperoleh dari nilai tegangan Rl98 yang dikuatkan secara non inverting Amplifier pada IC AlO.
Dengan rumus sebagai berikut kita menggunakan nilal 100Kv untuk melakukan Torax, maka pada kapasitor sisi positif dan sisi negatif termuatin tegangan sebesar masing —masing 50 kV.

Kapasitor Sisi Positif
Dari kapasitor sisi positif tegangan yang masuk sebesar 50 kV akan dilemahkan oleh tiga buah resistor yang disusun seri, yaitu R= 400 MOhm, R198= 100 kOhm dan R197= 10 kOhm. Tegangan yang sudah dilemahkan tadi masuk ke rangkaian penguat non inverting untuk dikuatkan sebesar 4X nya. Dari penguat non inverting lalu menuju ke rangkaian buffer dan akan berakhir pada titik CKV+ sebagai tempat pengesetannya. 

Adapun perhitungan tegangan yang masuk sehingga didapat keluarannya sebagai berikut :
R198= R198 X 50 kV / R198 + R197 + 400 MOhm 
         = 1O kOhm X 5O kOhm /10 kOhm + 100 kOh  + 400 MOhm
         = 1,25 Volt

Jadi hasil dan perbandingan voltage devider pada pelaksanaan photo Thorax dengan nilai sebesar 100 kV maka adalah sebesar 1,25 Volt yang terdapat pada Rl98.
Pada rangakaian Non Inverting Amplifier yang pada IC AlO, akan menguatkan nilai tegangan terdapat pada R198 atau VR19. Maka keluarannya sebesar :
Vout = (R156 + R157) X Vr 198 / R157
         = (30 kOhm + 10 kOhm) X 1,25 V / 10 kOhm
         = 5 Volt
Jadi hasil dari penguatan diatas menghasilkan nilai tegangan sebesar 5 volt, sehingga nilai ini dijadikan perbandingan 5 V : 20 kV.
Hasil nilai tegangan tersebut selanjutnya akan masuk kerangkaian Buffer, dimana pada rangkaian mi akan merubah impedansi masukan yang besar menjadi impedansi yang keluar lebih kecil dengan nilai tegangan yang tetap sama.

Kapasitor Sisi Negatif
Untuk pendeteksian sisi negatif hampir sama seperti pendeteksian sisi positif yaitu tegangan yang masuk akan dilemahkan oleh resistor sehingga bisa masuk pada rangkaian penguat. Setelah tegangan yang masuk dilemahkan maka tegangan tersebut akan masuk pada rangkaian non inverting. 
Dari rangkaian non inverting ini tegangan akan masuk pada rangkaian detektor taraf tegangan negatif lalu ke dioda D212 dan menuju flip-flop M35 dan keluarannya pada display tegangan. 
Namun apabila terjadi perubahan nilai pengisian dan clk 32 CKV, maka perbandingan tegangan input penguat referensi tidak lagi setabil dan output A13 pin 1 menjadi lebih negatif dan tegangan referensi non inferting A7 (-6.5V) sehingga output A7 berubah dari -15 volt menjadi +15 volt, dioda D212 akan bekerja, flip-flop M35 mendapat set sehingga output pada pin 13 akan high dan pin 12 akan low. Menyebabkan pengisian benakhir dan pada display di panel akan tertera charge over.

PEMELIHARAAN PENGISIAN
Fungsi dari pemeliharaan pengisian adalah untuk mengusahakan atau menjaga nilai muatan kapasitor tetap seperti yang dikehendaki. Prinsip yang digunakan adalah menggunakan rangkaian pendeteksi pengisian yang akan selalu bekerja apabila muatan kapasitor turun. Dan gambar di bawah ini terlihat bentuk pulsa pengisian kapasitor tegangan tinggi dan ada pembuangan sebanyak 2 kV, tetapi pulsa kelihatan turun naik terus. Pembuangan muatan kira-kira 2 kV disebabkan oleh rangkaian-rangkaian lain yang dihubungkan dengan capasitor tersebut, tetapi apabila teijadi penurunan sinyal CCHA akan aktif kembali untuk mengisi kapasitor dan kejadian ini berlangsung terus menerus. Dengan demikian muatan kapasitor akan dipertahankan pada nilal yang dikehendaki.


PEMELIHARAAN PENGISIAN
Fungsi dari pemeliharaan pengisian adalah untuk mengusahakan atau menjaga nilai muatan kapasitor tetap seperti yang dikehendaki. Prinsip yang digunakan adalah menggunakan rangkaian pendeteksi pengisian yang akan selalu bekerja apabila muatan kapasitor turun. 
Dan gambar di bawah ini terlihat bentuk pulsa pengisian kapasitor tegangan tinggi dan ada pembuangan sebanyak 2 kV, tetapi pulsa kelihatan turun naik terus. Pembuangan muatan kira-kira 2 kV disebabkan oleh rangkaian-rangkaian lain yang dihubungkan dengan capasitor tersebut, tetapi apabila teijadi penurunan sinyal CCHA akan aktif kembali untuk mengisi kapasitor dan kejadian ini berlangsung terus menerus. Dengan demikian muatan kapasitor akan dipertahankan pada nilal yang dikehendaki

Gambari.9 Maintenance of Chaiging of High Voltage Condensator




Tidak ada komentar: